Akang Putra Belajar dan terus mencari ilmu baru sudah menjadi hobi, menulis hanya sekedar menuangkan ide yang ada dalam benak pikiran. Suka Wisata, Suka Kuliner. Menjadi diri sendiri dalam berkarya agar bisa bermanfaat untuk orang banyak

Ketahui Masa Subur Wanita Solusi Pasangan Cepat Hamil

2 min read

Ketahui Masa Subur Wanita Solusi Pasangan Cepat Hamil

COBA GEH, Ketahui Masa Subur Wanita. Masa subur seorang wanita sangat perlu untuk diketahui dengan baik. Hal ini akan sangat menolong kita mengatur rencana kehamilan untuk memiliki anak atau menunda kehamilan.

Masa subur sangat terkait dengan siklus haid seorang wanita. Masa subur adalah masa di mana dilepaskan dan tersedianya sel telur yang siap untuk dibuahi oleh sel sperma pria.

Kondisi kesuburan pada wanita dapat diketahui melalui tes berdasarkan kadar hormon Luteinizing Hormone (LH) dalam urin wanita.

Pada wanita yang sedang subur, selain kenaikan kadar Luteinizing Hormone (LH), juga dipengaruhi Follicle Stimulating Hormone (FSH) dan hormon estrogen. Dan tidak kalah pentingnya juga dipengaruhi oleh kondisi kejiwaan/ psikis si wanita.

Faktor psikis atau emosi inilah yang membuat siklus subur menjadi tidak teratur, bisa maju atau mundur. Itu sebabnya pemahaman mengenai bagaimana terjadinya haid dan bagaimana siklus haid itu perlu dipahami dengan baik.

Dengan mengetahui masa subur, Anda pun bisa mengetahui masa-masa tidak subur. Kemungkinan terjadinya kehamilan pada masa subur sangat besar sehingga jika Anda ingin mendapatkan kehamilan, lakukan hubungan badan pada masa subur itu.

Jika Anda tidak menginginkan kehamilan, jangan lakukan hubungan intim pada masa subur atau masa menjelang masa subur. Hal tersebut karena sel sperma dapat bertahan dalam waktu 3-4 hari.

Siklus Haid dan Ovulasi

Menstruasi, haid, atau datang bulan, merupakan proses pelepasan dinding rahim (endometrium) yang disertai dengan pendarahan dan terjadi secara berulang setiap bulan.

Menstruasi yang berulang setiap bulan tersebut akhirnya membentuk siklus haid. Apabila terjadi pembuahan sel telur oleh sperma (terbentuk Zygot) maka tidak terjadi menstruasi sebab dinding rahim tidak dibuang karena akan dipertahankan menjadi media bagi tumbuh kembangnya janin (Zygot).

Siklus haid dihitung dari hari pertama haid sampai tepat satu hari pertama haid bulan berikutnya, yang berkisar antara 21-40 hari, hanya sekitar 10-15 persen wanita yang memiliki siklus normal 28 hari.

Menstruasi yang terjadi pertama kali disebut menarke yang pada umumnya terjadi pada perempuan usia sekitar 11 tahun, tetapi bisa juga terjadi pada usia 8 atau 16 tahun.

Menstruasi merupakan pertanda masa reproduktif pada kehidupan seorang wanita yang dimulai dari menarke sampai terjadinya menopause (berhenti haid).

Siklus haid pada awalnya mungkin tidak teratur, di mana jarak antara dua siklus bisa berlangsung selama 2 bulan atau dalam 1 bulan mungkin terjadi 2 siklus haid.

Hal ini normal. Setelah beberapa lama, siklus biasanya akan menjadi teratur. Untuk menghitung siklus haid bisa dilakukan dengan membuat catatan pada kalender.

Tandailah kalender setiap hari pertama haid datang. Hitung jumlah hari dari hari yang disilang Sampai hari yang disilang pada bulan berikutnya datang.

Dengan demikian, pola siklus Anda dapat diketahui dan sangat berguna untuk menentukan kapan masa subur! terjadi MBS! (pelepasan sel telur)

Setiap bulan, setelah haid berlangsung sekitar 5 hari (3’7 Chan), endometrium mulai tumbuh lagi dan terus menebal sebagai persiapan terhadap kemungkinan terjadinya pembuahan.

Sekitar hari ke-14 akan terjadi ovulasi lagi, di mana sel telur yang dilepaskan ini akan masuk dalam salah satu saluran telur/tuba falopi dan jika pada masa itu ada sperma yang masuk maka terjadilah pembuahan.

Jika terjadi pembuahan, sel telur yang telah dibuahi tersebut akan terus bergulir lalu masuk ke dalam rahim dan mulai tumbuh menjadi janin sehingga kehamilan sudah mulai berjalan.

Pada sekitar hari ke-28, jika tidak terjadi pembuahan, endometrium akan meluruh untuk dibuang dan terjadilah siklus haid berikutnya. Proses pertumbuhan dan penebalan endometrium selanjutnya akan dimulai lagi pada siklus berikutnya.

Mengetahui Masa Subur

Sangat penting bagi Anda dan pasangan untuk mengetahui kapan masa subur terjadi agar waktu kehamilan dapat diatur. Masa subur bagi wanita merupakan rentang waktu yang memungkinkan sel telurnya dibuahi sperma.

Hubungan seksual yang dilakukan pada masa subur wanita kemungkinan besar akan membuahkan kehamilan. Oleh karena itu, hamil tidaknya sang wanita sesungguhnya dapat diatur melalui kesepakatan bersama. Yakni kapan melakukan hubungan intim dan kapan sebaiknya hal itu tidak dilakukan.

Akang Putra Belajar dan terus mencari ilmu baru sudah menjadi hobi, menulis hanya sekedar menuangkan ide yang ada dalam benak pikiran. Suka Wisata, Suka Kuliner. Menjadi diri sendiri dalam berkarya agar bisa bermanfaat untuk orang banyak

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *